Menpora Minta PSSI Mulai Gunakan VAR di Musim 2019

0
22

Event Liga Berjenjang Piala Menpora 2019 sudah digelar dengan Bandung sebagai kota yang ditunjuk menggelar pembukaan. Dalam kompetisi yang mempertandingan lima kelompok usia ini, Kemenpora menggunakan Video Assistant Referee (VAR). Teknologi ini sangat diharapkan bisa membantu kinerja wasit dalam mempimpin laga.

Imam Nahrawi pun mengungkapkan kenapa pihaknya menggunakan VAR pada kompetisi yang digelarnya sekalipun levelnya amatir. Ini untuk mengurangi potensi gesekan yang biasanya terjadi karena keputusan wasit yang kontroversial. Dengan VAR dirinya berharap semua itu bisa dikikis.

Dia juga mengaku terinspirasi dari event Bandung Premier League yang sudah lebih dulu menggunakan VAR. Meski statusnya hanyalah turnamen antar komunitas tapi sudah berani mengenalkan VAR pada publik Indonesia. Maka dari itu Piala Menpora yang juga digelar di berbagai daerah sengaja menggunakan VAR sebagai alat sosialisasi.

“Timbulnya keresahan, keributan baik antar klub, suporter dan masyarakat. Padahal substansi dari olahraga itu sendiri adalah sportivitas, respek dan fair play,” ujar Imam ketika menghadiri pembukaan Liga Berjenjang Piala Menpora 2019 di Stadion UPI, Sabtu (17/3) kemarin.

“Jadi ini (VAR) bukan barang yang asing, bisa diterapkan dan buktinya Bandung Premier Leegue ini bisa dilanjutkan ke Piala Menpora dengan memakai VAR,” lanjut dia.

Dia juga mengimbau kepada PSSI untuk mulai menggunakan VAR di musim 2019 ini. Nantinya operator kompetisi yang bergerak dan memberlakukan kebijakan ini untuk meningkatkan kualitas liga. Dengan adanya VAR, Imam berharap potensi gesekan dan kericuhan yang diakibatkan wasit tidak terjadi lagi.

“Tinggal PSSI memerintahkan kepada operator liga 1,2,3 bisa memakai teknologi ini. Saya kira engga ada salahnya dan akan membawa suasana gembira yang baru bagi seluruh klub, pemain, suporter dan tentu wasit itu sendiri,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here