Berniat merawat tren kemenangan dan rekor apik atas Barito Putera, tim besutan Jajang Nurjaman justru tumbang 1-0. Kemenangan Laskar Antasari pada laga yang mentas di Stadion 17 Mei, Minggu (18/6) lahir dari kaki Matias Cordoba. Sepakan jarak jauhnya membuat Persib kembali terpuruk.

Persib Bandung turun dengan komposisi backfour jawara mereka dan lebih menyimpan Henhen Herdiana di bangku cadangan. Sedangkan satu slot U-23 lainnya ditempati Ahmad Subagja Baasith. Di depan, Sergio Van Dijk pun dipasang setelah sempat berkutat dengan cedera lutut.

Untuk tuan rumah, Jacksen F. Thiago fokus menguatkan sektor tengahnya saat Rizky Pora absen. Selain itu Thiago Cunha yang cukup lama menepi karena cedera mulai coba dia turunkan kembali. Dia dipasangkan dengan Gavin Kwan Adsit untuk menggedor tim lawan.

Babak Pertama

Maung Bandung turun dengan tempo yang lambat untuk meredam agresivitas tuan rumah. Namun itu tidak menghentikan Barito mendapatkan peluang di menit 9. Thiago menerima umpan terobosan dari lini tengah tapi sepakan kaki kirinya mengarah tepat ke I Made Wirawan.

Petaka pun menghampiri Persib saat Sergio Van Dijk yang baru pulih dari cedera harus kembali terkapar. Melakukan duel dengan Hansamu Yama, sang striker salah bertumpu. Carlton Cole pun dimasukan Jajang Nurjaman pada menit 13.

Barito kembali mengancam lewat sundulan Thiago Cunha menerima crossing Nazar Nurzaidin di menit 20. Lepas dari clearance Jufriyanto, tandukan bomber asal Brasil ini hanya melebar di sisi kiri gawang Persib.

Maung Bandung baru bisa melepaskan shoot on target pertama di menit 32 lewat Gian Zola. Kolaborasi di sisi kanan dengan Supardi, gelandang 18 tahun ini mendapat ruang tembak di depan kotak penalti. Tetapi sepakan Zola masih lemah dan diamankan Aditya Harlan.

Barito pun terus mengancam lewat sepakan jarah jauh Douglas Packer dan Nazar Nurzaidin di akhir babak pertama. Namun belum ada yang bisa jadi gol dan memecah kebuntuan Laskar Antasari. Hasil sama kuat 0-0 pun tak berubah saat peluit turun minum dibunyikan.

Babak Kedua

Selepas jeda, Persib memasukan Raphael Maitimo untuk menggantikan Ahmad Subagja Baastih. Namun pergantian itu tak lantas membuat permainan anak-anak Bandung membaik. Mereka terus ditekan selama 15 menit awal di babak kedua. Banyaknya kesalahan passing pun membuat Persib selalu digempur.

Gol yang dinanti publik Banjarmasin pun lahir di menit 65 lewat sepakan jarak jauh Matias Cordoba. Menerima bola rebound clearance Hariono, dia melepaskan placing ke titik yang sulit dijangkau Made. Cordoba pun bisa melakukan tambakan dengan leluasa tanpa kawalan pemain Persib.

Gol yang dihasilkan Cordoba menampar pasukan Maung Bandung dan membuat Hariono dan kolega menambah ritme permainan. Inisiatif serangan dengan memanfaatkan bola silang diproduksi lebih banyak dengan target Carlton Cole yang punya postur jangkung.

Sebuah peluang emas didapatkan Persib menit 85 ketika sepak pojok dari Supardi diterima Jufriyanto dan bola liar menghampiri Vujovic yang ada di mulut gawang. Namun tendangannya dari jarak dekat bisa dihentikan oleh penjaga gawang lawan.

Di injury time babak kedua, Persib sekali lagi mengancam ketika umpan lambung Essien disambut Cole sambil menjatuhkan diri. Sayang tandukan striker Inggirs itu tidak mengarah ke gawang dan memaksa Persib harus tertunduk lesu dengan skor 1-0.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here