Michael Essien dipastikan bukan satu-satunya marquee player  yang didatangkan Persib Bandung musim ini. Maung Bandung dikabarkan sudah hampir menemukan kata sepakat untuk merekrut Carlton Cole, eks penyerang Chelsea dan West Ham United yang juga sempat memperkuat tim nasional Inggris.

Kabar tersebut diperkuat oleh pernyataan Pelatih Persib Djadjang Nurdjaman. Meski tidak secara tegas menyebut nama Carlton Cole, Djadjang mengakui jika pemain yang akan didatangkan Persib memang berasal dari Inggris dan  sekelas marquee player kriteria PSSI, yakni pernah berlaga di kompetisi top Eropa.

“Calon striker sudah ada, negosiasi bisa dikatakan hampir rampung. Soal nama nanti sajalah. Yang pasti (pemain) asing, sekelas marquee player juga,” ujar Djadjang saat dihubungi “PR”.

Djadjang mengatakan, kehadiran penyerang akan menambal kekurangan timnya untuk mengarungi Liga 1. Seperti diketahui, Maung Bandung sangat butuh seorang penyerang berkelas untuk memperbaiki produktivitas gol. Sejak musim lalu, Persib hanya punya satu striker haus gol, yakni Sergio van Dijk.

Saat Sergio absen, Maung Bandung kehilangan taring. Kegagalan pada Piala Presiden 2017 salah satunya disebabkan oleh jeleknya produktivitas gol setelah kehilangan Sergio karena cedera.

“Kebutuhan mendesak tim ini memang striker. Sekarang sudah dapat, kita lihat saja bagaimana performa penyerang baru ini,” ujar Djadjang.

Ditelusuri dari jejak rekamnya, Carlton Cole merupakan produk akademi Chelsea. Pemain berusia 33 tahun itu pernah berstatus pemain Chelsea selama 2001-2006, namun dalam kurun waktu tersebut pernah dipinjamkan ke Wolverhampton Wanderers, Charlton Athletic, dan Aston Villa. Karena tak mampu bersaing merebut posisi utama di Chelsea, striker berpostur 1,9 meter itu hijrah ke West Ham United dan menemukan puncak performanya di sana dengan mencetak 47 gol dari 207 penampilan (2006-2013). Dia juga sempat dipanggil memperkuat timnas Inggris dan tampil dalam 7 laga meski tak pernah bikin gol.

Selepas musim 2015, performanya terus menurun sehingga tersingkir dari persaingan di tim penghuni liga top Eropa. Dalam dua musim terakhir, Cole memperkuat Celtic (2015-2016) dan Sacramento Republic (2016) itupun bukan lagi menjadi anggota skuat utama karena hanya bermain total delapan pertandingan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here